Boendahana

My Lovely Familly

06 April 2009

Kursus Menjahit


Fuuuhhh.... capek sekaligus penuh semangat setiap hari melewati jalan Parung - Ciputat pake sepeda motor, macet, panas... pegel... Bunda lagi semangat ikut kursus menjahit di Juliana Jaya Cabang Ciputat ney alasannya klo disana ada sertifikatnya yang diperoleh dari ujian negara, sertifikatnya bisa dipakai untuk buka jahitan atau buka tempat kursus menjahit juga, lumayan kan... Alasan lainnya ngambil kursusan menjahit adalah biar bunda bisa berkreasi dirumah, tanpa meninggalkan anak, syukur-syukur bisa menghasilkan... aminnn

Makanya bunda belajarnya di kebut, dari jam 9 pagi ampe jam 4 sore dari senin ampe sabtu biar cepet selesai.. hehehhehheeee....

Alhamdulillah, dalam 2 minggu bunda sudah melewati tingkat dasar, sekarang lagi ngambil tingkat terampil, dan insyaallah mau ngambil sampai tingkat mahir.

Walhasil langsung import mbah putri dan mbah kakung dari Maospati untuk jagain Hana dirumah, ampe jemput hana pulang sekolah... yaaa namanya juga lagi berjuang, ada hal yang harus dikorbankan, salahsatunya waktu bermain sama hana.. terima kasih ya mbah... sudah mendukung menantunya mencari ilmu hehehheeee...

Ga kalah suportnya, adalah suport dari suami tercinta, makasih ya yah, sudah mendukung penuh , ampe bela-belain mbelikan mesin jahit.... hehhehe...

Makanya baru bisa ngisi blog lagi sekarang, soalnya pulang-pulang udah capek, kadang kerjaan dari tempat kursusan masih dilembur dirumah...

Kalau ngoperasikan mesin jahit sih udah bisa dari dulu, kalau cuma ngejait celana bolong aja sih gampang banget... hehehhe tapi yang namanya bikin pola ampe jadi baju yang sesuai ma ukuran kita masih buta banget... makanya nekat biar bisa.

Ternyata, setelah dijalani awalnya masih sangat kaku dan belum bisa ngebayangin ntar pola yang kita buat bisa jadi baju apa nggak ... pokoknya masih ngikutin full tutorial dari gurunya...kalo orang jawa bilang "manut guru ne "...

Lama kelamaan bisa juga ngikutin irama pola yang kita buat, memang sih, salahsatu kunci menjahit juga kudu rapi dan teliti.. kalo nggak, baju ga jadi yang ada malah bahannya yang jadi rusak karena di " jahit - dedel " atau buka pasang jahitan... dan akhirnya sobeeekkk... weeek !!

Dan yang paling penting lagi, kudu semangat tinggi, semboyannya, kenapa orang lain bisa, kita ga bisa.... ayo semangat bunda

Ya gitu deh, sekelumit cerita dari bunda di 3 minggu terakhir ini... salam

14 Maret 2009

Ke Saung Angklung Udjo Bandung


Capek banget ney, berangkat kamaren siang, mampir dulu ke kantor ayah, penasaran semenjak ayah kerja disana belum pernah kesana, cuma cerita2 aja. Setelah jum'atan kita berangkat ke bandung, mampir dulu untuk makan siang ama sholat zuhur di rest area ke 2 tol Cipularang. Wuiiih... masuk bandung muaaceeet banget mulai dari pintu keluar tol. Akhirnya nyampe di tempat budhenya hana jam 17.30.. lama banget... :(


Besoknya kita jalan-jalan ke Saung Angklung Udjo di Jl. Pandasuka 118, awalnya iseng2 krna dekat dengan tempatnya budhe, trus sering lihat bannernya, jadi penasaran ...


Ternyata disana tempatnya enak banget, luassss... banyak pohon bambunya. Ya iyalah...namanya juga saung angklung ya banyak bambu nya ... capee deee


Di sana ada tempat pembuatan angklung, tempat pentas seni angklung yang menyediakan hiburan setiap hari jam 15.30 WIB. Selain itu juga ada tempat penjualan souvenir khususnya yang terbuat dari bambu, tapi ada juga yang terbuat selain dari bambu seperti patung si Cepot yang terkenal gokil itu... Yups, karena melegandanya cerita si Cepot, akhirnya bunda beli Patung si Cepot ama hiasan dinding Punakawan, lucu... :)


Tapi sayang banget ternyata hana takut banget ma si Cepot ampe jerit2 klo liat si Cepot... hahahahhaa....


Jam 13.30 lanjut ke Jakarta, ampe rumah jam 17.00 WIB disambut dengan hujan deres... Home Sweet Home...


12 Maret 2009

Po Yung Hay Bunda



Nyam nyam nyam... udah lama ga bikin pu yung hay.. ini resep turun temurun dari nenek nya hana, klo mamak yang bikin komplit banget, soalnya pake daging kepiting segala, klo disini boro2 dapet daging kepiting, dapet kepiting yang fresh aja susyeeehhh... makanya ama bunda di edit aja resepnya, biar masuk ma budget dan ga beribet bikinnya...


Bahan :
4 ons daging ayam, dicincang halus
2 buah jagung manis, diserut
5 butir telur bebek / ayam
1 buah wortel, dicincang halus, lebih kecil dari batang korek api
1 batang daun bawang, diiris halus
Minyak secukupnya untuk menggoreng
Garam secukupnya

Bumbu halus :
5 buah bawang putih
2 sdt lada halus

Bahan Saus :
1/2 botol kecil saus tomat
3 buah bawang putih
garam
gula
air

Cara membuat :
Telur dikocok, masukkan daging ayam, serutan jagung manis, daun bawang, wortel dan bumbu halus. Kocok hingga rata, tambah garam secukupnya. Kemudian goreng hingga matang, angkat tiriskan.
Untuk saus, bawang putih ditumis, agak kuning masukkan saus tomat dan diberi air, setelah agak mengental, angkat dan disiramkan diatas gorengan telur tadi...
Selamat mencoba.. :)

11 Maret 2009

Bolu Kukus Bunda





















Bahan:
250 gram tepung terigu
250 gram gula pasir
3 butir telur
1 sdm TBM
200 ml sprite

Cara membuat:
Kocok telur, gula dan TBM sampai lembut, lalu masukan sprite dan terigunya sedikit demi sedikit, kocok selama 10 menit hingga adonan putih seperti salju.
Siapkan mankok kecil-kecil untuk memberi warna-warni. Ambil 2 sendok adonan,beri warna sesuai selera Alasi cetakan bolu kukus dengan kertas roti,tuang adonan ke dalam cetakkan sampai hampir penuh,tambahkan 1-2 sdt adonan berwarna. Kukus selama 20 menit dengan api besar tanpa membuka tutupnya, jangan lupa tutup dandang di lapisi dengan serbet,untuk menghindari tetesan air.
Setelah matang, angkat dan sajikan... selamat mencoba :)

03 Maret 2009

Hana lagi beraksi

video

Es Buah ala Bunda

Seger ... segeeerrr... Kemaren beli nanas dari tukang sayur, awalnya iseng2 nawar eh malah dikasih, maklum udah siang jadi banting harga abis2an.. niatnya mau bikin pindang patin buat besok, tinggal cari ikannya ( kalo ada ), ternyata ayahnya hana lagi kepengen dibikinin es buah, udah lama ga katanya, masak mau es buah nunggu ramadhan dulu...

Kebetulan paginya ada engkong yang biasa keliling komplek bawa pepaya dari kebunnya, langsung beli pepaya, tinggal ditambahin nata de coco biar komplit...

Ini ada resepnya, sekedar bagi-bagi info aja...









Bahan :
- Pepaya 1 buah
- Nanas 1 buah
- Nata de coco 1 bungkus 600gr
- Gula 7 sendok makan
- Kayu manis 2 batang
- Cengkeh 4 biji
- Kapur sirih

Cara buat :
Pepaya dan nanas di kupas, trus dipotong dadu dan direndam air kapur, biar bagian luarnya agak kenyal. Cuci bersih, tiriskan.
Rebus air dalam panci, setelah mendidih, masukkan gula, kayu manis dan cengkeh. Setelah itu masukkan nanas, pepaya dan nata de coco. Tunggu hingga mendidih, jangan terlalu lama, matikan api, dinginkan, sajikan dengan es batu... selamat mencoba :)

02 Maret 2009

Hobi Bunda

Ngisi lagi ney.. Bunda punya hobi tanaman hias, udah lama sih senengnya, klo diurutin mungkin keturunan kali, ibu nya bunda seneng tanaman, jadi dirumah dulu penuh banget ama tanaman, jadi ikutan seneng ama tanaman.
Kebetulan dihalaman belakang masih ada tanah kosong, langsung aja ma bunda dibuat nursery kecil tanaman nya macem-macem dari yang tau namanya kayak Philo marble , Keladi Tapal Kuda, Lipstik Putih Liliput, Philo Lynet, asparagus, keladi-keladian ampe yang ga tau namanya, seneng liatnya ya dipelihara aja.. hehehe...
Tahun kemaren pas agustusan dikomplek rumah ngadain bazar, ikutan aja jualan tanaman hasilnya lumayan... buat jajan hana... :)
Kemaren dapet ide bikin papan reklame jualan tanaman hias di rumah.. tapi yang namanya tanaman hias adalah barang sekunder ga kayak beras, agak kurang laku klo di jual di komplek perumahan.. hehehhe..gapapa, ga laku dijual, tapi dapat pemandangan buat nyegerin mata.. :)